Sabtu, 17 Maret 2018

Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi merupakan suatu perubahan yang terjadi secara berkelanjutan melalui serangkaian kombinasi proses demi mencapai sesuatu yang lebih baik yaitu adanya peningkatan pendapatan perkapita yang terus-menerus berlangsung dalam jangka panjang.

 Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi adalah kondisi perekonomian suatu negara untuk menuju yang lebih baik secara berkelanjutan/berkesinambungan dalam kurun waktu tertentu. Pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat dilihat dengan membandingkan peningkatan kapasitas ekonomi untuk memproduksi barang dan jasa, dibandingkan dari satu periode waktu ke periode sebelumnya.

Pemerataan Pembangunan atau pertumbuhan ekonomi?

Jika saya sebagai pengambil kebijakan perekonomian Indonesia dan diberikan pertanyaan lebih mementingkan pemerataan pembangunan atau pertumbuhan ekonomi? saya  akan lebih mementingkan Pemerataan pembangunan. Karena, kunci dari pembangunan adalah kemakmuran bersama. Pemerataan hasil pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang tinggi merupakan tujuan pembangunan yang ingin dicapai. Tingkat pertumbuhan yang tinggi tanpa disertai pemerataan pembangunan hanyalah menciptakan perekonomian yang lemah dan eksploitasi sumber daya manusia. Dan, Pemerataan hasil pembangunan di Indonesia masih sangat memprihatinkan.
Dari segi pendidikan, Indonesia masih mengalami masalah ketidakmerataan pendidikan. Kesenjangan tingkat pendidikan mengakibatkan adanya kesenjangan tingkat pendapatan yang semakin besar. Kesenjangan ini juga akan mengakibatkan kerawanan sosial.
Pemerataan hasil pembangunan di samping pertumbuhan ekonomi perlu diupayakan supaya pembangunan dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Pemerataan pendidikan dan pemerataan fasilitas kesehatan merupakan salah satu upaya penting yang diharapkan meningkatkan pemerataan hasil pembangunan dengan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. 
Keberhasilan pembangunan sangat berkaitan dengan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Pemerintah harus menciptakan kebijakan pembangunan yang tepat dalam upaya meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi sekaligus menciptakan pemerataan pembangunan. Peningkatan laju ekonomi tidak selalu dibarengi dengan pemerataan. Kemiskinan tidak dapat dihilangkan dengan hanya peningkatan laju pertumbuhan ekonomi.
Upaya yang saya akan lakukan adalah Alokasi penggunaan dana untuk pendidikan dan kesehatan harus lebih diprioritaskan. Kebijakan pemerintah harus dibuat supaya pendidikan dan kesehatan dapat lebih dirasakan langsung oleh masyarakat. Melalui program pemerataan pendidikan dan pemerataan fasilitas kesehatan diharapkan dapat menciptakan sumber daya manusia yang produktif. Sumber daya manusia yang produktif merupakan modal yang paling menentukan dalam keberhasilan pembangunan jangka panjang.
Efektifitas dan efisiensi penggunaan dana pendidikan dan kesehatan harus dapat dipertanggungjawabkan. Pemerintah harus tegas menindak penyelewengan yang terjadi. Penggunaan dana yang efisien dan efektif akan semakin meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat sehingga mampu menciptakan sumber daya manusia yang produktif. Sumber daya manusia yang produktif menghantarkan negara pada keunggulan komparatif sehingga mampu bersaing di mancanegara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar