Sabtu, 28 April 2018

Perdagangan Internasional


A. Penerapan Teori Perdagangan Internasional di Era Globalisasi saat ini

Menurut saya, teori perdagangan internasional dalam era globalisasi saat ini masih sangat dibutuhkan, karena dengan adanya teori perdagangan internasional kita dapat melakukan perdagangan secara bebas dan tidak lagi dibatasi oleh batas teritorial. Sehingga, kita dituntut untuk mampu berkompetisi dan berinovasi agar dapat bertahan dan tidak terpuruk dalam era globalisasi saat ini. dan bukan itu saja, semakin majunya era globalisasi maka teknologi dan informasi makin meningkat .Bagi negara maju, tentulah mereka dapat mengikuti perkembangan teknologi pada zaman ini. Namun, berbeda dengan negara yang masih berkembang yang juga menginginkan kemajuan teknologi sesuai dengan perkembangan zaman. Karena, bidang Teknologi menjadi salah satu faktor pendukung terjadinya perdagangan Internasional.

B. Alasan Dollar (USD) saat ini menjadi Standar Pembayaran Internasional, dan Apakah Euro dapat menggantikannya?
Menurut saya, Dollar (USD) masih menjadi standar pembayaran internasional karena Dollar merupakan mata uang internasional yang memiliki sifat stabilitas (mata uang yang stabil). Dollar juga merupakan salah satu jenis mata uang dari valuta asing yang memiliki kemudahan untuk diterima oleh banyak negara dan digunakan untuk pembayaran transaksi internasional karena adanya kegiatan perdagangan. Kemampuan Dollar untuk terus bertahan menjadi alat pembayaran utama bisa dilihat dari tingkat kepercayaan penggunanya. Karena kepercayaan tersebut, Dollar masih akan menjadi valuta utama dunia dan alat pembayaran internasional yang diakui oleh semua pihak untuk jangka waktu yang lama.
Apakah euro dapat menggantikan Dollar ? Menurut saya, Euro belum bisa menggantikan Dollar sebagai Standar Pembayaran Internasional dikarenakan ada beberapa faktor yang menjadi keraguan untuk menjadikan Euro sebagai standar pembayaran internasional. Faktor tersebut yaitu, nilai tukar Euro yang belum stabil dan belum adanya kesepakatan antar negara pengguna Euro soal nilai tukar Euro. Sehingga sampai saat ini, Euro belum bisa menggantikan dolar sebagai standar pembayaran internasional. Dan juga ,jumlah Negara yang menggunakan mata uang euro sebagai pembayaran Transaksi Internasional masih terbilang sedikit, terutama Negara yang berada di daerah benua Asia, Afrika dan Amerika .

C. Prospek Rupiah menjadi Mata uang yang mendunia
Menurut saya, untuk jangka pendek ini prospek Rupiah belum bisa mendunia. Tapi, tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti Rupiah bisa menjadi mata uang yang  mendunia, asalkan ada peningkatan dan kestabilan kesejahteraan ekonomi masyarakat serta didukung oleh kemajuan Negara dan pemanfaatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada. Maka, semua itu bisa terlaksana jika ada komitmen dan dukungan dari seluruh komponen Bangsa.

D. Cadangan Devisa negara terlalu banyak ? Apa yang harus negara lakukan?
Menurut saya, Negara dapat menggunakan cadangan devisa tersebut untuk dialokasikan ke semua sektor, seperti pendidikan, infrastruktur, keamanan nasional, dan sebagainya. Kemudian, bisa juga digunakan untuk Pembiayaan Kegiatan Kenegaraan ke Luar Negeri. Lalu bisa juga digunakan untuk mempercepat pembangunan nasional. Semakin banyak devisa yang masuk maka akan menjadi cadangan untuk pembangunan selanjutnya. Untuk menambah pemasukan devisa negara, dibutuhkan banyak cara agar menarik perhatian dunia luar ke negara kita salah satunya dengan pengenalan pariwisata.Kemudian, bisa juga Sebagai Cadangan Modal Suatu Negara dan terakhir bisa digunakan sebagai Penggerak Roda Perekonomian Negara.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar